Siyasah dan Jinayah Dalam Bingkai Syari’ah

Hasanuddin Yusuf Adan, 2019076201 (2019) Siyasah dan Jinayah Dalam Bingkai Syari’ah. Bandar Publishing Lamgugop Banda Aceh. ISBN 978-623-90813-2-4

[thumbnail of Buku siyasah&jinayah 2019.pdf] Text
Buku siyasah&jinayah 2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kehidupan ummat Islam di dunia ini tidak dapat dipisahkan dengan persoalan siyasah, jinayah dan syari’ah karena ketiga komponen ilmu tersebut memegang peran penting dalam kehidupan muslim. Siyasah atau politik Islam menjadi strategis dan penting dimiliki setiap muslim agar ummat Islam tidak dapat ditipu oleh mana-mana kaum. Demikian juga dengan jinayah atau hukum pidana Islam yang menjadi penahan bertambahnya kriminalitas dalam kehidupan ummat Islam. Semua itu berada dalam bingkai syari’ah sebagai induk ilmu dalam Islam. Zaman Rasulullah SAW ummat Islam menjalankan semua itu dengan sangat serius dan sungguh-sungguh sehingga kini menjadi simalakama.
Penelitian yang bermetodekan kualitatif ini coba memastikan kalau hasil akhirnya akan menjadi rebutan oleh para penggemar dengan harapan mereka akan mendapatkan tiga ilmu penting yang tidak boleh tidak harus dimiliki oleh setiap muslim karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Hasil kajian ini menunjukkan bahwa Islam memiliki system politik sebagaimana yang telah diazaskan oleh Rasulullah di Madinah dahulu kala sehingga dengan Piagam Madinah beliau mampu menguasai seluruh madinah dan menjadi milik ummat Islam. Berpolitik dalam Islam itu bahagian daripada ibadah yang berbeda dengan berpolitik di luar syari’ah menjadi jinayah. Karena itulah antara siyasah dengan jinayah dan syari’ah itu sendiri sulit dipisahkan karena keterkaitan rumpun ilmu antara ketiganya. Jinayah menangani persoalan criminal yang terkait dengan qishash, hudud dan takzir. Sementara syari’ah merupakan induk dari siyasah dan jinayah.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Hasanuddin Yusuf Adan
Date Deposited: 12 May 2023 01:37
Last Modified: 12 May 2023 01:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28828

Actions (login required)

View Item
View Item