Syari’at Islam dan Politik Lokal di Aceh

Hasanuddin Yusuf Adan, 2019076201 (2016) Syari’at Islam dan Politik Lokal di Aceh. 'Adnin Foundation Publisher Aceh. ISBN 978-602-18939-1-3

[thumbnail of Buku Syari’at Islam dan Politik Lokal di Aceh 2016.pdf] Text
Buku Syari’at Islam dan Politik Lokal di Aceh 2016.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kehidupan seseorang muslim tidak akan lurus, tidak bermakna dan tidak akan berfaedah baik kepada dirinya sendiri maupun kepada orang lain kalau tidak dihatur oleh syari’ah. Karena syari’ah itu merupakan penata dan pengatur kehidupan setiap muslim dan juga kafir yang masih hidup di jagat raya ini. Pengaturan tersebut melingkupi seluruh lini kehidupan ummat manusia mulai dari persoalan ekonomi, pendidikan, hukum, sosial kemasyarakatan dan juga politik sebagai salah satu dimensi penting dalam hidup dan kehidupan ummat manusia.
Dalam merangkum data dan menyusun naskah penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan perolehan data melalui library dan field research. Metode kualitatif merupakan sebuah terma luas yang menekankan pendekatan-pendekatan yang bervariasi untuk menerjemahkan penelitian. library research dan field research sebagai salah satu pendekatan penelitian yang terkait dengan materi-materi hukum menjadi teknik pengumpulan data. Dengan demikian perolehan data didapati dari sejumlah pustaka yang ada dari sejumlah buku yang terkait dengan judul penelitian itu sendiri.
Penelitian ini menemukan sejumlah data di lapangan terkait dengan pelaksanaan syari’at Islam di Aceh yang telah membawa Aceh kearah kesopanan, kesegaran, ketenangan dan kenyamanan karena makshiyat berkurang drastik walaupun implementasi syari’ah itu sendiri belum lagi kaffah sebagaimana mestinya. Sejumlah komponen dari fiqh jinayah, fiqh mu’amalah telah Berjaya diaplikasikan di Aceh bersama penerapan syari’at Islam, kecuali fiqh ibadah yang lumayan komprehensif dalam implementasinya. Terkait dengan persoalan politik lokal di Aceh dalam bingkai implementasi syari’at Islam masih sangat jauh dari ketentuan fiqh siyasah, di mana para praktisi politik masih doyan menipu, meneror dan korupsi sehingga terkesan belum berjalannya syari’at Islam di Aceh. Semua itu terjadi karena ulah para politikus dari berbagai partai politik yang berpolitik untuk mencari rizki bukan sebagai sebuah profesi dan bukan pula bahagian daripada ibadah sebagaimana yang diamalkan Rasulullah SAW dan para shahabat.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Hasanuddin Yusuf Adan
Date Deposited: 12 May 2023 01:37
Last Modified: 12 May 2023 01:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28829

Actions (login required)

View Item
View Item