Riset Analisis Kemampuan Imam Dalam Memimpin Shalat Jum’at/Berjama’ah di Aceh

Hasanuddin Yusuf Adan, 2019076201, ed. (2023) Riset Analisis Kemampuan Imam Dalam Memimpin Shalat Jum’at/Berjama’ah di Aceh. 'Adnin Foundation Publisher Aceh. ISBN 978-602-18939-3-7

[thumbnail of Editor Buku  Analisis Kemampuan Imam.pdf] Text
Editor Buku Analisis Kemampuan Imam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari konsep dasar bahwa imam shalat berjama’ah merupakan hal yang sangat penting dalam keabsahan shalat berjama’ah. Keabsahan shalat berjama’ah ditentukan oleh Imam. Islam merumuskan orang yang paling menguasai AlQur’an (banyak hafalan dan fasih), memahami sunnah, yang hijrah dari kejahatan dan terlebih dahulu memeluk Islam adalah di antara indikator orang yang paling utama sebagai imam shalat berjama’ah. Pertanyaannya adalah apakah imam-imam Shalat Jum’at atau berjama’ah di Aceh memiliki kemampuan dalam memimpin shalat sebagaimana dipersyaratkan dalam sunnah? Bagaimana proses penetapan atau penunjukkan para imam masjid di Aceh? Bagaimana kriteria yang digunakan dalam memilih para imam masjid di Aceh?
Inilah pertanyaan penelitian yang menjadi rumusan masalah utama di dalam penelitian ini. Realitas yang ada di Aceh banyak para imam belum memenuhi kriteria tersebut. Belum memiliki mekanisme yang standar dalam penetapan. Subjek penelitian ini merupakan para imam rawatib yang sekaligus diposisikan sebagai imam Shalat Jum’at yang berjumlah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan imam dalam mempimpin Shalat Jum’at di Provinsi Aceh, memperoleh informasi proses rekruitmen imam shalat di Provinsi Aceh, dan menemukan gambaran kriteria umum kemampuan imam shalat berjamaah di Aceh. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan metode kualitatif deskriptif, yaitu menemukan, mengungkap fakta, fenomena, dan keadaan subjek penelitian apa adanya.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Hasanuddin Yusuf Adan
Date Deposited: 12 May 2023 01:37
Last Modified: 12 May 2023 01:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28830

Actions (login required)

View Item
View Item