Pengaruh Media Crossword Puzzle Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar

Widiya, 170209115 (2022) Pengaruh Media Crossword Puzzle Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Media Crossword Puzzle Dalam  Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa  Kelas IV MIN 3 Aceh Besar] Text (Pengaruh Media Crossword Puzzle Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV MIN 3 Aceh Besar bahwasanya terdapat suatu permasalahan. Adapun masalah tersebut yaitu banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi dan rendahnya hasil belajar siswa. Selain dari itu pembelajaran kurang efektif ditandai dengan siswa kurang fokus dan tidak bergairah dalam mengikuti pembelajaran. disebabkan karena media yang diterapkan masih bersifat monoton, media tersebut berupa gambar dan buku siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dengan penggunaan media crossword puzzle dalam pembelajaran tematik kelas IV MIN 3 Aceh Besar, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media crossword puzzle dalam pembelajaran tematik kelas IV MIN 3 Aceh Besar, dan untuk mengetahui pengaruh media crossword puzzle dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design, dengan desain penelitian Nonequivalent pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan soal tes. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan media crossword puzzle dalam pembelajaran tematik sudah memiliki kriteria baik dengan diperoleh keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen 85,83%, dan kelas kontrol yaitu 87,50%. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebanyak 23 orang, dan kelas kontrol yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebanyak 20 orang. Pengaruh media crossword puzzle dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar diketahui dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independent t test diperoleh nilai t hitung adalah 2,088 > 1,993 dan nilai Sig. 0.040 < 0,05 maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media crossword puzzle dalam pembelajaran tematik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Widiya Widiya
Date Deposited: 11 May 2023 02:26
Last Modified: 11 May 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28836

Actions (login required)

View Item
View Item