Strategi Bkm Masjid Baitul Makmur Dalam Mengelola Dana Infaq Dan Shadaqah Yayasan Armefi Ichanie Untuk Penguatan Ekonomi Minoritas Muslim Di Desa Kutambelin Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo.

Su’aibatul Aslamiah, 180403028 (2023) Strategi Bkm Masjid Baitul Makmur Dalam Mengelola Dana Infaq Dan Shadaqah Yayasan Armefi Ichanie Untuk Penguatan Ekonomi Minoritas Muslim Di Desa Kutambelin Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Bkm Masjid Baitul Makmur Dalam Mengelola Dana Infaq Dan Shadaqah Yayasan Armefi Ichanie Untuk Penguatan Ekonomi Minoritas Muslim Di Desa Kutambelin Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo.] Text (Strategi Bkm Masjid Baitul Makmur Dalam Mengelola Dana Infaq Dan Shadaqah Yayasan Armefi Ichanie Untuk Penguatan Ekonomi Minoritas Muslim Di Desa Kutambelin Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo.)
Su'aibatul Aslamiah, 180403028, FDK, MD, 081361775371.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Peneitian ini berjudul “Strategi BKM Masjid Baitul Makmur dalam Mengelola Dana Infaq dan Shadaqah Yayasan Armefi Ichanie untuk Penguatan Ekonomi Minoritas Muslim di Desa Kutambelin Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo”. Fokus kajian yang dilakukan terkait strategi BKM Masjid Baitul Makmur dalam mengelola dana infaq dan shadaqah Yayasan Armefi Ichanie untuk penguatan ekomoni minoritas Muslim di Desa Kutambelin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk implementasi strategi yang dilakukan oleh BKM Masjid Baitul Makmur dalam mengelola dana infaq dan shadaqah Yayasan Armefi Ichanie untuk penguatan ekomoni minoritas Muslim di Desa Kutambelin. Kemudian untuk mengetahui bagaimana bentuk dan sistem pengelolaan dana infaq dan shadaqah Yayasan Armefi Ichanie melalui BKM Masjid Baitul Makmur untuk penguatan ekonomi masyarakat Muslim di Desa Kutambelin. Serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat BKM Masjid Baitul Makmur dalam mengelola dana infaq dan shadaqah Yayasan Armefi Ichanie melalui BKM Masjid Baitul Makmur untuk penguatan ekonomi masyarakat Muslim di Desa Kutambelin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya dalam meningkatkan perekonomian Minoritas Muslim melalui dana infaq dan shadaqah sudah sangat membantu masyarakat Desa Kutambelin dimana bantuan yang diberikan juga sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bantuan ini dapat membantu perekonomian masyarakat Muslim Desa Kutambelin yang mayoritasnya adalah petani musiman yang menunggu waktu panen. Namun di beberapa bantuan lain dari dana tersebut ada juga yang mengalami kendala dalam sistem pengelolaannya serta adanya kendala dari faktor alam atau lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dana Infaq dan Shadaqah, Minoritas Muslim, Perekonomian
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Su'aibatul Aslamiah
Date Deposited: 11 May 2023 02:49
Last Modified: 11 May 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28841

Actions (login required)

View Item
View Item