Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Tema 5 Kelas V MIN 13 Pidie Jaya

Khaira Lina, 170209123 (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Tema 5 Kelas V MIN 13 Pidie Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Tema 5    Kelas V MIN 13 Pidie Jaya] Text (Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Tema 5 Kelas V MIN 13 Pidie Jaya)
S. Khaira Real (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif pada penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan siswa kurang melakukan aktivitas, memperhatikan dan memahami materi, serta kurangnya semangat mengikuti pembelajaran. Disebabkan karena media yang digunakan masih bersifat sederhana, kurang menarik, kurangnya variasi serta monoton. Sehingga pada saat proses pembelajaran siswa kurang memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan guru serta siswa kurangnya bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.. Maka dari itu sangat diperlukan suatu media interaktif agar dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran lebih baik dan menarik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan multimedia interaktif pada tema 5 kelas V MIN 13 Pidie Jaya, bagaimana hasil kelayakan multimedia interaktif pada tema 5 kelas V MIN 13 Pidie Jaya. Metode penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui lembar validasi, dan angket. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa desain multimedia interaktif yaitu melakukan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil akhir dari multimedia interaktif yaitu berbentuk visual ukuran 3 MB dengan banyaknya slide 6 buah. Hasil kelayakan diperoleh dari ahli materi persentase 76% dengan kategori layak. Dan ahli media diperoleh persentase 82,63% dengan kategori sangat layak. Dan juga diperoleh respon siswa sebesar 89,23% kategori sangat layak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa multimedia interaktif layak digunakan pada pembelajaran tematik tema 5 kelas V MIN 13 Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khaira Lina Khaira
Date Deposited: 12 May 2023 02:11
Last Modified: 12 May 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28863

Actions (login required)

View Item
View Item