Peningkatan Kesejahteraan Pekerja Di Home Industry Kue Ade Kak Nah Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Siti Nazirah, 190405074 (2023) Peningkatan Kesejahteraan Pekerja Di Home Industry Kue Ade Kak Nah Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Kesejahteraan Pekerja Di Home Industry Kue Ade Kak Nah Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya] Text (Peningkatan Kesejahteraan Pekerja Di Home Industry Kue Ade Kak Nah Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya)
Siti Nazirah, 190405074, FDK, KESOS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil Observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di Home Industry Kue Ade Kak Nah, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, para pekerjanya yaitu masyarakat setempat yaitu masyarakat di Desa Meuraksa. Yang pekerjanya sepenuhnya bergantung pada Home Industry tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup hariannya. Hal ini menjadi alasan peneliti termotivasi untuk meneliti apakah pekerja yang bekerja di home industry Kue Ade Kak Nah sudah bisa di katakan sejahtera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketercapaian tingkat kesejaghteraan pekerja Kue Ade Kak Nah dan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam mewujudkan kesejahteraan pekerja Kue Ade Kak Nah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah Jumlah pekerja yang berkerja di Home Industry Kue Ade Kak Nah berjumlah 35 orang informan dalam penelitian ini berjumlah 16 orang yang terdiri dari pemilik Home Industry Kue Ade Kak Nah, 5 orang pekerja ibu-ibu, 5 orang pekerja bapak-bapak, serta 5 orang pekerja remaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil wawancara, observasi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa makna kesejahteraan menurut pemilik dan pekerja yang bekerja di Home Industry Kue Ade kak nah adalah kesejahteran dimana sebuah kondisi terpenuhinya segala hak-hak dan kewajiban sehingga segala sesuatu kebutuhan terpenuhi dengan baik tanpa adanya kendala dan tidak mempengaruhi lingkungan sosialnya dengan kata lain makna kesejahteraan menurut pemilik dan pekerja yang bekerja di Home Industry Kue Ade Kak Nah adalah berkehidupan cukup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.1 Angkatan Kerja dan Pasar Tenaga Kerja > 331.7 Ketenagakerjaan berdasarkan Industri dan Pekerja
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Siti Nazirah Siti
Date Deposited: 15 May 2023 02:17
Last Modified: 15 May 2023 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28868

Actions (login required)

View Item
View Item