Progresivitas Kepemimpinan Imum Meunasah Dalam Meningkatkan Kegiatan Ibadah Masyarakat Di Gampong Meucat Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara.

Vita Yuriska, 180403008 (2023) Progresivitas Kepemimpinan Imum Meunasah Dalam Meningkatkan Kegiatan Ibadah Masyarakat Di Gampong Meucat Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Progresivitas Kepemimpinan Imum Meunasah Dalam Meningkatkan Kegiatan Ibadah Masyarakat Di Gampong Meucat Kecamatan Syamtalira Aron  Kabupaten Aceh Utara] Text (Progresivitas Kepemimpinan Imum Meunasah Dalam Meningkatkan Kegiatan Ibadah Masyarakat Di Gampong Meucat Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara)
Vita Yuriska, 180403008, PMD, MD, 085337341693.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Progresivitas Kepemimpinan Imum Meunasah Dalam Meningkatkan Kegiatan Ibadah Masyarakat Di Gampong Meucat Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara”. Masalah dalam penelitian ini, yaitu masih banyak warga Gampong Meucat yang kurang tertarik dalam kegiatan ibadah, ibadah yang dimaksud di sini adalah yang mahdhah maupun ghairu mahdhah. Berdasarkan rumusan masalah maka penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Bagaimana Kepemimpinan Imum Meunasah Di Gampong Meucat Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara dan untuk Mengetahui Bagaimana Progresivitas Kepemimpinan Imum Meunasah Dalam Meningkatkan Kegiatan Ibadah Masyarakat Di Gampong Meucat Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara. Untuk menjawab permasalah tersebut penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara pengumpulan data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan (Field Research) dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawncara, dokumentasi dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam peningkatan ibadah masyarakat Gampong Meucat Kec. Syamtalira Aron, Kab. Aceh Utara Imum meunasah menerapkan nilai-nilai kepemimpinan dari Rasulullah yaitu siddiq, amanah, tabliq, dan fatanah. Adapun dalam progresivitas kepemimpinannya dilihat dari bagaimana imum meunasah a). Mampu mengikuti perkembangan zaman. b). Mampu menjawab perubahan zaman. c). Mampu berperilaku reformatif. Diketahui bahwa dalam proses peningkatan ibadah masyarakat melalui pola kepemimpinan Rasulullah atau dapat dikatakan sebagai kepemimpinan spiritual Imum Meunasah mampu menjadi teladan bagi masyarakat Gampong yaitu dengan menerapkan sikap siddiq (integrity), amanah (trust), dan tabligh (openly, human relation) dan fathanah (working smart), hasil tersebut menunjukkan bahwa Imum Meunasah memiliki sifat jujur sehingga timbuk kepercayaan yang tinggi dari masyarakat terhadap kepemimpinannya, dalam hal tabligh dalam konteks kepemimpinan Imum Meunasah peneliti memperoleh hasil bahwasanya Imum Meunasah telah memberikan kemajuan dalam proses kepemimpinannya

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Progresivitas, Kepemimpinan, Imum Meunasah
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Vita Yuriska Vita
Date Deposited: 15 May 2023 02:16
Last Modified: 15 May 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28871

Actions (login required)

View Item
View Item