Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Turk Kizilayi Peukan Bada

Febbi Jakfar, 170201058 (2021) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Turk Kizilayi Peukan Bada. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video  Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Turk Kizilayi Peukan Bada] Text (Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Turk Kizilayi Peukan Bada)
Febbi Jakfar, 170201058 FTK PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Media adalah sarana yang dapat mengantarkan pesan kepada penerima pesan. Kehadiran media pembelajaran dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi ajar kepada siswa, terutama siswa SMPN 1 Turk Kizilayi Peukan Bada, salah satu jenis media pembelajaran yaitu media berbasis video. Pemanfaatan media tidak terlepas dari peran guru. Karena seorang guru yang memanfaatkan media video dengan baik akan mudah dalam menyajikan materi pembelajaran dan dimengerti oleh siswanya. Namun pada kenyataannya, sebagian guru khususnya guru PAI belum memanfaatkan media pembelajaran berbasis video. Media video sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran, terutama dalam pembelajaran PAI, media yang bagus dan menarik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media pembelajaran berbasis video dan hasil belajar PAI siswa kelas IX-3 dengan menggunakan media berbasis video. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemanfaatan media pembelajaran berbasis video dan hasil belajar siswa melalui proses pemanfaatan media video dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media berbasis video dalam penggunaannya diawali dengan proses perencanaan yang dilakukan oleh guru, seperti menyiapkan alat proyektor, dan proses penggunaan media video yang melibatkan guru dan siswa, serta suasana belajar yang menyenangkan yang ditandai dengan minat belajar siswa yang meningkat. Pada hasil belajar siswa SMPN 1 Turk Kizilayi Peukan Bada diketahui mengalami peningkatan dengan menggunakan media berbasis video dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febbi Jakfar Jakfar
Date Deposited: 12 May 2023 03:08
Last Modified: 12 May 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28888

Actions (login required)

View Item
View Item