Implementasi Khiyar Pada Praktik Jual Beli Online Ditinjau Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada toko baju Diga House Banda Aceh)

Dina Yufdina, 190602048 (2023) Implementasi Khiyar Pada Praktik Jual Beli Online Ditinjau Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada toko baju Diga House Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Khiyar Pada Praktik Jual Beli Online Ditinjau Dalam   Perspektif Etika Bisnis Islam] Text (Implementasi Khiyar Pada Praktik Jual Beli Online Ditinjau Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam)
Dina Yufdina, 190602048, FEBI, ES, 889684416700.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan zaman telah membawa jual beli sudah tidak hanya dilakukan secara langsung, namun banyak masyarakat melakukan kegiatan jual beli melalui media online seperti halnya toko baju Diga House Banda Aceh. Etika bisnis Islam sangat penting diterapkan untuk mengatur kegiatan bisnis dan memberikan hak khiyar sebagai perlindungan bagi konsumen. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi khiyar dalam praktik jual beli online di toko baju Diga House, selain itu juga bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip etika bisnis Islam dalam praktik jual beli online ditoko baju Diga House. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi khiyar di toko baju Diga House telah menerapkan khiyar, adapun praktik khiyar yang telah diterapkan adalah khiyar aib, khiyar syarat dan khiyar ru’yah. Selanjutnya peneliti juga mendapatkan hasil bahwa prinsip etika bisnis Islam telah diterapkan dalam jual beli online, namun belum mencakup keseluruhan dari prinsip-prinsip etika bisnis Islam, prinsip etika bisnis Islam yang diterapkan oleh toko Diga House adalah prinsip kejujuran, prinsip keadilan, prinsip tanggung jawab dan prinsip kesatuan. Adapun pada prinsip Kehendak Bebas belum diterapkan dalam jual beli online.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dina Yufdina Dina
Date Deposited: 12 May 2023 03:31
Last Modified: 12 May 2023 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28891

Actions (login required)

View Item
View Item