Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Toko Latela Donust Kota Banda Aceh)

Filza Humaira, 190602049 (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Toko Latela Donust Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepuasan Konsumen] Text (Kepuasan Konsumen)
Filza Humaira, 190602049, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kualitas pelayanan adalah suatu keadaan yang berhubungan dengan jasa sumber daya manusia dan proses yang dapat memenuhi harapan konsumen. Kepuasan konsumen juga merupakan tolak ukur untuk mengetahui kualitas jasa yang diberikan dan dapat meningkatkan kualitas penjualan perusahaan. Di dalam Islam juga dapat dinilai kualitas pelayanan sebagai standarisasi syariah, karena Islam mengajarkan umat manusia untuk selalu patuh dan taat pada hukum syariah dan menjalankan segala sesuatu sesuai prinsip Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan dan jaminan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Latela Donuts Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah 200 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling. Hasil penelitian data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang meliputi bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan dan jaminan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kepuasan konsumen pada Toko Latela Donuts Banda Aceh. Melalui pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R = 0,433 yang artinya terdapat hubungan yang sangat erat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada pengguna jasa pada Toko Latela Donuts Banda Aceh. Hasil uji signifikasi secara parsial hanya variabel daya tanggap dan jaminan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan variabel bukti fisik, empati dan kehandalan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Toko Latela Donuts Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Filza Humaira Filza
Date Deposited: 12 May 2023 03:32
Last Modified: 12 May 2023 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28897

Actions (login required)

View Item
View Item