Jual Beli Pakaian Bekas Branded Dan Menguntungkan Perspektif Ekonomi Islam” (Studi Pada Toko Cutnana Store Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh)

Cici Miftahul Aini, 190602098 (2023) Jual Beli Pakaian Bekas Branded Dan Menguntungkan Perspektif Ekonomi Islam” (Studi Pada Toko Cutnana Store Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ekonomi Islam] Text (Ekonomi Islam)
Cici Miftahul Aini, 190602098, FEBI, ES, 082163107294.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Transaksi jual beli dalam Islam semakin berkembang seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi. Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan bagi umat muslim untuk menelaah lebih jauh terhadap transaksi-transaksi yang sedang berkembang, salah satunya transaksi jual beli pakaian bekas branded. Jual beli pakaian bekas branded telah memenuhi indikator jual beli yaitu yang bersifat transparansi, jelas kepemilikannya, dan sesuai harganya. Penelitian ini dilakukan di toko cutnana store Jalan Syiah Kuala Jambo Tape, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap praktik jual beli pakaian bekas branded di toko cutnana store Jalan Syiah Kuala Jambo Tape, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh dan apakah praktik jual beli pakaian bekas branded merupakan peluang usaha yang menguntungkan bagi pelaku bisnis pakaian bekas. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada 13 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli pakaian bekas yang dilakukan antara penjual dan agen merupakan sistem jual beli yang belum tepat karena pembeli tidak mengetahui objek yang akan dibelinya. Sedangkan transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli sudah sesuai dengan rukun dan syarat jual beli. Jual beli pakaian bekas branded di toko cutnana store merupakan peluang usaha yang menguntungkan bagi pelaku bisnis. Karena jual beli pakaian bekas juga diminati oleh banyak orang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Cici Miftahul Aini Cici
Date Deposited: 15 May 2023 02:39
Last Modified: 15 May 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28917

Actions (login required)

View Item
View Item