Kontribusi Pekerja Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Petani Perempuan Di Desa Cot Beut Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar)

Nur Zakia, 190602108 (2023) Kontribusi Pekerja Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Petani Perempuan Di Desa Cot Beut Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kontribusi Pekerja Perempuan] Text (Kontribusi Pekerja Perempuan)
Nur Zakia, 190602108, FEBI, ES, 082164346959.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kontribusi pekerja perempuan merupakan bentuk kepeduliannya dalam suatu keluarga untuk membantu dan memberikan manfaat baik dalam bentuk pikiran, tenaga maupun materi agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Perempuan memutuskan untuk melakukan pekerjaan sebagai petani karena ingin membantu keadaan ekonomi keluarga, yang dikarenakan kurangnya penghasilan suami dan banyaknya kebutuhan primer yang harus diutamakan, sehingga dengan inisiatif mereka ikut serta menjadi petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan perempuan bekerja sebagai petani di Desa Cot Beut Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap kontribusi pekerja perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada 11 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan perempuan bekerja sebagai petani adalah sebagai berikut: faktor ekonomi, faktor pendidikan dan faktor sosial. Tinjauan ekonomi Islam terhadap kontribusi pekerja perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga sudah memenuhi tingkat kesejahteraan pada tingkat dharuriyyah, hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya lima aspek pada indikator kesejahteraan dalam ekonomi Islam, yaitu menjaga agama (hafidz ad-din), menjaga jiwa atau nyawa (hafidz an-nafs), menjaga akal (hafidz al-aql), menjaga keturunan (hafidz an-nasl) dan menjaga harta (hafidz al-mal), perempuan memilih untuk bekerja sebagai petani karena ingin membantu suami dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya dan pekerjaan harus dilakukan secara sah serta bisa dihitung sebagai ibadah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Zakia Zakia
Date Deposited: 15 May 2023 02:39
Last Modified: 15 May 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28922

Actions (login required)

View Item
View Item