Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Team Work untuk Pencapaian Visi-Misi di MAN 1 Aceh Besar

Ari Munandar, 170206076 (2022) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Team Work untuk Pencapaian Visi-Misi di MAN 1 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Team work untuk Pencapaian Visi-Misi di MAN1Aceh Besar] Text (Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Team work untuk Pencapaian Visi-Misi di MAN1Aceh Besar)
Ari Munandar, 170206076, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Team work adalah kunci untuk memberdayakan dan meningkatkan kinerja organisasi dan pencapaian tujuan lembaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan proses pengembangan team work, gaya kepemimpinan kepala madrasah, kompetensi kepala madrasah dan kendala kepala madrasah dalam pengembangan team work untuk pencapaian visi-misi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarana prasarana, kepala tata usaha, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kepala madrasah menggunakan 2 proses pengembangan team work untuk pencapaian visi-misi ; (1) koordinasi team work (2) pengembangan kapasitas team work sehingga tercapainya visi dari proses pengembangan team work yaitu: meningkatnya kemampuan pendidik yang profesional sesuai dengan kompetensinya. Sehingga output yang dihasilkan, siswa menjadi lebih terampil, mandiri, berwawasan dan menjadikan siswa yang berprestasi dan mampu bersaing dalam memasuki perguruan tinggi. Kedua, gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan team work untuk pencapaian visi-misi menggunakan gaya demokratis Ketiga, kompetensi kepala madrasah dalam pengembangan team work untuk pencapaian visi misi meliputi:(1) kompetensi kepribadian (2) kompetensi manajerial (3) kompetensi kewirausahaan (4) kompetensi supervisi (5) kompetensi sosial. kompetensi yang dilakukan kepala madrasah terwujudlah visi -misi yaitu terwujudnya siswa yang santun, terampil, mandiri berwawasan imtaq dan iptek. Keempat, kendala kepala madrasah dalam pengembangan team work untuk pencapaian visi-misi adalah kurangnya SDM, kurangnya pembiayaan dana DIPA dan dana BOS dan kurangnya sarana- prasarana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Munandar Ari
Date Deposited: 15 May 2023 02:52
Last Modified: 15 May 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28927

Actions (login required)

View Item
View Item