Persepsi Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Terhadap Praktik Nikah Muda (Studi Kasus di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh)

Nurul Aiman Binti Yusof, 160101123 (2020) Persepsi Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Terhadap Praktik Nikah Muda (Studi Kasus di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Praktik Nikah Muda] Text (Praktik Nikah Muda)
Nurul Aiman Binti Yusof, 160101123, FSH, HK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pernikahan di kalangan mahasiswa pada zaman milenial begitu tidak asing lagi dalam kalangan masyarakat. Sudah menjadi satu perkara biasa apabila anak-anak muda yang masih belum tamat kuliahnya dan tiada sumber pendapatan tetap sudah mempunyai keluarga. Fenomena ini sudah menjadi perkara biasa di kebanyakan universitas atau pengajian tinggi. Penelitian ini berfokus pada persepsi mahasiswa Prodi Hukum Keluarga terhadap praktik nikah muda yang berlaku di kalangan mahasiswa khususnya di UIN Ar Raniry Banda Aceh. Hal inilah yang peneliti kaji, pertama, untuk mengungkap sejauh mana pemahaman dan respon mahasiswa Prodi Hukum Keluarga mengenai praktik pernikahan muda yang berlaku dalam kalangan minoritas mahasiswa sekarang, kedua, bagaimana pernikahan mahasiswa tersebut dapat mewujudkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan rahmah dan ketiga, bagaimana tinjauan hukum islam terhadap persepsi mahasiswa tentang pernikahan muda tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian lapangan dan kajian kepustakaan. Menggunakan aplikasi Statistikal Package for the Social Sciences (SPSS), hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tahap persepsi mahasiswa Prodi Hukum Keluarga terhadap praktik nikah muda di kalangan mahasiswa berada pada tahap tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 4.86. Kedua, menurut beberapa responden yang menikah, mereka mengatakan sudah tercapai dalam membentuk keluarga untuk mencapai sakinah, mawaddah dan rahmah. Dan ketiga, jika diteliti menurut pandangan Islam, sunnah hukumnya bagi mahasiswa yang mahu menikah dan kewajiban menikahnya terletak jika dia tidak bisa mengawal atau menjaga dirinya dari melanggar norma agama. Dari paparan di atas bahwa nikah di kalangan mahasiswa boleh dilakukan bila memenuhi syarat dan rukun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Nurul Aiman Binti Yusof Nurul
Date Deposited: 15 May 2023 03:05
Last Modified: 15 May 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28936

Actions (login required)

View Item
View Item