Persepsi Siswa Terhadap Pencahayaan dan Penghawaan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Peudada Bireun

Lisa Permata Sari, 170701008 (2022) Persepsi Siswa Terhadap Pencahayaan dan Penghawaan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Peudada Bireun. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi Siswa Terhadap Pencahayaan dan  Penghawaan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1  Peudada Bireun] Text (Persepsi Siswa Terhadap Pencahayaan dan Penghawaan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Peudada Bireun)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Sekolah merupakan sarana untuk menuntut ilmu. Sekolah mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengembangkan kognitif, efektif dan psikomotorik siswa. SMA Negeri 1 Peudada belum memiliki pencahayaan dan penghawaan yang memadai dan belum sesuai dengan standar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis persepsi siswa terhadap bagaimana pencahayaan dan penghawaan yang terjadi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Peudada Bireun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, SMA Negeri 1 Peudada masih memaksimalkan penggunaan pencahayaan alami untuk pencahayaan di dalam setiap ruang kelas dan kualitas pencahayaan pada setiap ruangan belum maksimal. Sedangkan penghawaannya sudah cukup baik dengan banyaknya bukaan-bukaan sehingga, memaksimalkan udara dari luar masuk ke dalam ruang kelas. Hasil pengukuran pencahayaan pada setiap ruang kelas menyatakan bahwa setiap ruang kelas hanya memiliki pencahayaan dibawah 300 Lux dan belum memenuhi standar untuk pencahayaan. Sedangkan penghawaan yang ada pada dua ruang kelas sudah memenuhi standar dan satu ruang kelas sudah melewati batas standar penghawaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Lisa Permata Sari Lisa
Date Deposited: 15 May 2023 03:06
Last Modified: 15 May 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28937

Actions (login required)

View Item
View Item