Analisis Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) UD. Bintang Tempe di Gampong Tanjong Indah Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar Dalam Meningkatkan Kemashlahatan Perekonomian Para Tenaga Kerja.

Sastri Aida Zuhra, 190602010 (2023) Analisis Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) UD. Bintang Tempe di Gampong Tanjong Indah Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar Dalam Meningkatkan Kemashlahatan Perekonomian Para Tenaga Kerja. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Usaha Mikro Kecil Menengah] Text (Usaha Mikro Kecil Menengah)
Sastri Aida Zuhra, 190602010, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu jenis usaha yang berskala kecil yang berperan sebagai penyedia lapangan pekerjaan, sumber penghasilan, dan penghasilan tambahan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sistem pengupahan dan peran UMKM dalam meningkatkan kemashlahatan perekonomian para tenaga kerja. Penelitian ini di analisis dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran dari UMKM UD. Bintang Tempe dapat memberi pengaruh positif tidak hanya bagi pemilik dan para tenaga kerja tetapi juga memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar Gampong Tanjong Indah. Kemudian UMKM UD. Bintang Tempe dalam menerapkan pengupahan memiliki dua sistem yaitu: upah berdasarkan jangka waktu yang diberikan perbulan dan sistem upah potongan dimana pemotongan terjadi apabila pekerja berhalangan hadir. Selanjutnya pada dampak kemashlahatan yang ditinjau berdasarkan maslahah al-khamsah telah tercapai secara keseluruhan yaitu Hifz Ad-din (memelihara agama), Hifz Nafs (memelihara jiwa), Hifz Aql (memelihara akal), Hifz Nasl (memelihara keturunan), dan Hifz Maal (memelihara harta).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Sastri Aida Zuhra Aida
Date Deposited: 16 May 2023 02:19
Last Modified: 16 May 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28948

Actions (login required)

View Item
View Item