Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Riski Hernanda Wahyudi, 251324517 (2023) Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran] Text (Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Riski Hernanda Wahyudi, 251324517, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (87MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam membuat perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Guru harus mampu menjelaskan materi pelajaran dengan baik maka diperlukan perencanaan yang matang sebelum memulai kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan standar Permendikbud No.22 tahun 2016. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penggunaan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif digunakan bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan suatu kejadian yang terjadi pada saat sekarang dalam bentuk angka-angka yang bermakna. Dari peneliitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa fisika terhadap pembuatan rencana pelakasanaan pembelajaran yang sesuai dengan Permendikbud No.22 tahun 2016 terdapat dua kategori pemahaman, yaitu dari 8 mahasiswa diperoleh hasil bahwa 2 mahasiswa memperoleh kategori Baik Sekali dengan rentang nilai 86 – 100, dan 6 mahasiswa lainnya memperoleh kategori Baik dengan rentang nilai 72 – 85. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para dosen di lingkungan fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh khususnya Prodi Pendidikan Fisika terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar memahami konsep-konsep pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Riski Hernanda Wahyudi Riski
Date Deposited: 16 May 2023 02:27
Last Modified: 16 May 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28950

Actions (login required)

View Item
View Item