Rancang Bangun Trainer Gerbang Logika Sebagai Alat Peraga Pada Mata Kuliah Teknik Digital

Ario Wisata, 190211007 (2023) Rancang Bangun Trainer Gerbang Logika Sebagai Alat Peraga Pada Mata Kuliah Teknik Digital. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Rancang Bangun Trainer Gerbang Logika Sebagai Alat Peraga Pada Mata Kuliah Teknik Digital] Text (Rancang Bangun Trainer Gerbang Logika Sebagai Alat Peraga Pada Mata Kuliah Teknik Digital)
Ario Wisata, 190211007, FTK, PTE, 081375385989.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Materi gerbang logika menjadi salah satu materi penting dalam mata kuliah Teknik Digital karena konsep ini digunakan dalam perancangan sistem digital dan merupakan fondasi dalam bidang elektronika. Namun, banyak mahasiswa menghadapikesukaran dalam memahami materi ini karena bersifat abstrak. Maka dari itu, media pembelajaran yang efektif diperlukan agar mahasiswa dapat memahami konsep dengan lebih efisien dan cepat. Oleh karena itu dikembangkan alat peraga rainer gerbang logika berbasis mikrokontroler Arduino Nano Rev3 dengan metode Research and Development. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi media dan materi untuk mengetahui kelayakan, serta lembar angket respon untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap trainer gerbang logika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ahli media dan ahli materi menganggap trainer gerbang logika sangat layak dengan persentase 96,9% dan 97,7%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga ini dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep gerbang logika. Sedangkan persentase respon mahasiswa mencapai 87,6%, yang menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga ini juga dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa terhadap materi gerbang logika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer gerbang logika dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi gerbang logika dan meningkatkan minat belajar dan juga dapat menjadi alternatif bagi dosen dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Trainer, Gerbang Logika, Teknik Digital, Arduino Nano
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ario Wisata Ario
Date Deposited: 16 May 2023 02:21
Last Modified: 16 May 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28964

Actions (login required)

View Item
View Item