Peran Bpom Terhadap Pengawasan Peredaran Obat Pelansing (Rd Pelansing) Ilegal Dalam Perlindungan Hukum Di Kota Banda Aceh

Salwita, 150106099 (2023) Peran Bpom Terhadap Pengawasan Peredaran Obat Pelansing (Rd Pelansing) Ilegal Dalam Perlindungan Hukum Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Peran Bpom Terhadap Pengawasan Peredaran Obat Pelansing (Rd Pelansing) Ilegal Dalam Perlindungan Hukum Di Kota Banda Aceh] Text (Peran Bpom Terhadap Pengawasan Peredaran Obat Pelansing (Rd Pelansing) Ilegal Dalam Perlindungan Hukum Di Kota Banda Aceh)
Salwita, 150106099, FSH, IH, 082260929474.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat yakni dengan membentuk BPOM untuk melakukan pengawasan dalam mencegah, mendeteksi, serta mengawasi produk dimana bertujuan untuk dapat melindungi keamanan dan keselamatan masyarakat seperti yang tertera pada peraturan Presiden No 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan. Akan tetapi produk ilegal masih sering didapatkan ditengah-tengah masyarakat sehingga rasa aman yang seharusnya dimiliki oleh konsumen tidak dapat dimiliki oleh konsumen suatu produk tertentu termasuk produk RD pelansing. Seperti yang kita ketahui bahwasanya perlindungan konsumen sendiri telah diatur dalam Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang mana bertujuan untuk menjamin konsumen agar mendapatkan perlindungan hukum jika mengalami kerugian yang disebabkan oleh oknum produsen nakal yang memproduksi obat pelansing ilegal. Dalam penulisan karya ilmiah ini penulis mengunakan metode penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Dimana hasil dari penelitian ini masih banyak sekali produk ilegal yang beredar dilapangan, dikarenakan untuk pengawasan yang maksinal Badan Pengawas Obat dan Makanan belum bisa melakukan secara keseluruhan, disebabkan oleh faktor pengawas yang terjun ke lapangan belum memadai,dan juga pengaruh media sosial yang maju sangat pesat sehingga untuk melakukan pengawasan terkait izin edar belum maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Salwita Wita
Date Deposited: 19 May 2023 02:15
Last Modified: 19 May 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28965

Actions (login required)

View Item
View Item