Penerapan Sistem Jaminan Halal Di Kabupaten Aceh Selatan (Studi Terhadap Pengawasan Disperindagkop Pada Proses Pengolahan Manisan Pala Produksi Non-muslim).

Yuni Meldifa, 180102210 (2023) Penerapan Sistem Jaminan Halal Di Kabupaten Aceh Selatan (Studi Terhadap Pengawasan Disperindagkop Pada Proses Pengolahan Manisan Pala Produksi Non-muslim). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Sistem Jaminan Halal Di Kabupaten Aceh      Selatan (Studi Terhadap Pengawasan Disperindagkop Pada Proses Pengolahan Manisan Pala Produksi Non-muslim).] Text (Penerapan Sistem Jaminan Halal Di Kabupaten Aceh Selatan (Studi Terhadap Pengawasan Disperindagkop Pada Proses Pengolahan Manisan Pala Produksi Non-muslim).)
Yuni Meldifa, 180102210, FSH, HES, 085270287620.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengawasan Disperindagkop terhadap penerapan Sistem Jaminan Halal pada proses pengolahan manisan pala produksi non-muslim, dengan mengambil objek penelitian pada Dinas Perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk pengawasan yang dilakukan Disperindagkop Aceh Selatan terhadap penerapan sistem jaminan halal pada produksi manisan pala, bagaimana mekanisme Disperindagkop Aceh Selatan mengawasi proses pengolahan manisan pala yang diproduksi oleh non-muslim, dan bagaimana perspektif hukum Islam dan peraturan perundang-undangan terhadap produk manisan pala yang diproduksi oleh non-muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif analisis, data-data yang di peroleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Disperindagkop Aceh Selatan termasuk ke dalam pengawasan preventif. Artinya, sebelum melakukan pengawasan Disperindagkop Aceh Selatan membuat suatu rancangan rencana kegiatan agar nantinya tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan saat berlangsungnya pengawasan. Bentuk pengawasannya yaitu dengan cara Disperindagkop Aceh Selatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Aceh Selatan untuk memeriksa secara langsung pelaku usaha manisan pala di tempat produksi. Pengawasan tersebut juga diberlakukan kepada pelaku usaha manisan pala non-muslim sehingga poses produksi manisan pala olahan non-muslim juga sesuai dengan standar Sistem Jaminan Halal yang berlaku.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Jaminan Halal, Pengawasan Disperindagkop, Manisan Pala, Produksi non-muslim
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yuni Meldifa
Date Deposited: 16 May 2023 02:56
Last Modified: 16 May 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28966

Actions (login required)

View Item
View Item