Keanekaragaman Spesies Ikan Di Perairan Laguna Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Leupung

Muna Ruslia, 180207098 (2023) Keanekaragaman Spesies Ikan Di Perairan Laguna Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Leupung. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Keanekaragaman Spesies Ikan Di Perairan Laguna Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Leupung] Text (Keanekaragaman Spesies Ikan Di Perairan Laguna Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Leupung)
Muna Ruslia, 180207098, FTK, PBL, 082214859246.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Laguna adalah suatu genangan air yang menyerupai danau/telaga berada dekat pantai yang dulunya merupakan bagian dari (bersatu dengan laut tapi karena peristiwa geologis, kemudian ia terpisah dari laut dan membentuk ekosistem lahan basar pesisir yang baru. Penelitian Keanekaragaman Spesies Ikan di Perairan Laguna Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar bertujuan untuk mengidentifikasi Spesies Ikan, Menganalisis Tingkat Keanekaragaman Spesies, dan Menganilisis Uji Kelayakan Out put berupa Atlas Diperairan Laguna Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode survey eksploratif dengan melakukan observasi langsung pada lokasi dan objek pengamatan. Stasiun penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling yaitu berdasarkan faktor fisik lingkungan. Data yang diperoleh dari penelitian ini akan dianalisis secara kualitatif yaitu teknik analisis data dengan cara mendeskripsikan ciri-ciri morfologi dari setiap spesies ikan. Jumlah ikan yang ditemukan di Perairan Laguna Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar adalah 15 jenis yang mewakili 13 famili. Ikan yang mendominasi di Peraiaran Laguna Gampoeng Pulot adalah Stolephorus heterolubus, sedangkan di Peraiaran Laguna Gampoeng Cot Bak ue adalah Crenimungil silabis. Indeks Keanekaragaman Spesies Ikan yang Terdapat Diperaiaran Laguna Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar tergolong kategori keanekaragaman tingkat sedang dengan indeks keanekaragaman yaitu Ĥ=-2,5706. Bentuk Hasil uji Kelayakan Atlas Keanekaragaman Spesies Ikan Diperaiaran Laguna Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar diperoleh nilai 85,65% yang bearti sangat layak direkomendasikan sebagai referensi tambahan materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 1 Leupung. Maka dapat disimpulkan bahwa Keanekaragaman Spesies Ikan Diperairan Laguna Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar tergolong sedang dan bentuk hasil penelitian buku saku memperoleh hasil presentase kelayakan yang tergolong sangat layak dijadikan sebagai bacaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Muna Ruslia
Date Deposited: 16 May 2023 02:56
Last Modified: 16 May 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28970

Actions (login required)

View Item
View Item