Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Barat Daya.

Ifki Mukarami, 180802095 (2022) Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata] Text (Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata)
Ifki Mukarami, 180802095, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pelayanan terpadu satu pintu ini dilihat dari bagaimana proses pelayanan berlangsung di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Aceh Barat Daya. Pada proses pelaksanaan untuk pemberian pelayanan kepada masyarakat sangat penting dilaksanakan karena salah satu produk berupa pelayanan tanda daftar usaha pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan tanda daftar usaha pariwisata pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Barat Daya. Untuk mengetahui faktor penghambat pengurusan pelayanan tanda daftar usaha pariwisata pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Barat Daya. Metodologi penelitian berupa metodologi kualitatif yang berorientasi pada deskriptif kualitatif. penelitian di lapangan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sudah Efektif. pelayanan yang diberikan berbasis online menggunakan aplikasi OSS (Online single submission) Pelayanan tanda daftar usaha pariwisata di kabupaten Aceh Barat Daya sudah dilaksakan berbasis online dengan menggunakan aplikasi OSS (Online single submission). Pelayanan yang diberikan oleh Dinas Penamaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Barat Daya sudah berjalan Efektif. Tantangan pada perizinan berbasis online berdasarkan temuan lapangan adalah ketidakcakapan pelaku usaha untuk menggunakan alat teknologi. Namun Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Barat Daya memberikan bimbingan teknis kepada pelaku usaha untuk menyelesaikan kendala ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ifki Mukarami Ifki
Date Deposited: 16 May 2023 03:09
Last Modified: 16 May 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28974

Actions (login required)

View Item
View Item