Pengembangan LKPD Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Materi Sistem Pernafasan Di MTsN

Nurul Fhadilla Hayya Chania, 170207145 (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Materi Sistem Pernafasan Di MTsN. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniri.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis Nilai-Nilai Islami] Text (Pengembangan LKPD Berbasis Nilai-Nilai Islami)
Nurul Fhadilla Hayya Chania, 170207145, FTK, PBL, 085358958885.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan LKPD sangat penting dalam proses pembelajaran, karena selain untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar, LKPD juga merupakan media dalam penyampaian materi pembelajaran sehingga terbentuk interaksi efektif baik antara siswa dengan guru, maupun antara sesama siswa. Penggunaan LKPD yang baik sesuai dengan kurikulum 2013 yang mengedepankan karakter, tentunya pembinaan karakter erat kaitannya dengan integrasi nilai-nilai islami dalam LKPD seperti yang tencantum pada kompetensi inti 1 sikap spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi ahli media dan materi serta respon siswa terhadap LKPD berbasis nilai-nilai islami. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahResearch and Development model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-1 MTsN2 Aceh Besar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan uji kelayakan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar uji kelayakan. Teknik analisis data yaitu angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan Uji kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis nilai- nilai islami diperoleh skor 92% dengan kriteria sangat tinggi. Respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diperoleh rata-rata skor 82% dengan kriteria tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis nilai-nilai islami layak digunakan sebagai media pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Fadhilla Hayya Chania Dhilla
Date Deposited: 16 May 2023 03:10
Last Modified: 16 May 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28980

Actions (login required)

View Item
View Item