Efektivitas Penggunaan Media Kotak Geometri dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.

Irka Hasmina, 160210099 (2021) Efektivitas Penggunaan Media Kotak Geometri dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Kotak Geometri dalam  Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.] Text (Efektivitas Penggunaan Media Kotak Geometri dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.)
Irka Hasmina, 160210099, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang peniliti lakukan di PAUD Ibnu Sina, Aceh Besar menunjukkan bahwa anak usia 5-6 tahun masih rendah perkembangan kognitif dalam berpikir logis yang ditandai dengan kurangnya anak mengenal bentuk-bentuk geometri dasar seperti persegi empat, persegi panjang, segitiga, lingkaran, oval, segi lima dan lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kotak geometri dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B1 yang berjumlah 15 orang kelas eksperimen dan kelas B2 15 orang anak kelas kontrol. Adapun penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimental, yang menggunakan rancangan . Quasi Ekperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dari 15 anak yang diteliti dengan media Kotak Geometri kelas B1 terdapat 10 orang anak aspek kognitifnya berkembang sangat baik (BSB) Dan 5 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH). Dari teknik analisis data menggunakan Uji-T, Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 1,60 pada taraf signifikan ɑ = 0,05 maka tabel distribusi t di dapat t(0,90) (28) = 1,31. Maka thitung lebih dari pada ttabel yaitu 1,60 ˃ 1,31. Dengan demikian terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perolehan tes awal dan tes akhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kotak geometri efektif dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Ibnu Sina, Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Irka Hasmina Irka
Date Deposited: 16 May 2023 03:21
Last Modified: 16 May 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28985

Actions (login required)

View Item
View Item