Pemanfaatan Buku Oleh Anak-Anak Korban Kekerasan Di Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar

Muhammad Inayat, 180503046 (2023) Pemanfaatan Buku Oleh Anak-Anak Korban Kekerasan Di Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pemanfaatan Buku Oleh Anak-Anak Korban Kekerasan Di Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar] Text (Pemanfaatan Buku Oleh Anak-Anak Korban Kekerasan Di Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar)
Muhammad Inayat, 180503046, FAH, IP, 082272704789.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Buku oleh Anak-Anak Korban Kekerasan di Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar”. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pemanfaatan buku oleh anak-anak korban kekerasan di Taman Baca Masyarakat Ar-Rasyid dan bagaimana efek yang dihasikan dari pemanfaatan buku oleh anak-anak korban kekerasan di Taman Baca Masyarakat Ar-Rasyid.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara anak-anak korban kekerasan memanfaatkan buku, dan manfaat apa saja yang dirasakan oleh anak-anak korban kekerasan setelah membaca buku di Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar. Metode penetilian yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari ketua TBM Ar-Rasyid, ketua Yakesma dan 5 orang anak korban kekerasan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bentuk pemanfaatan buku yang dilakukan oleh anak-anak korban kekerasan di TBM Ar-Rasyid ialah dengan cara membaca, menceritakan kembali isi buku, storytelling dan menulis kreatif. Terdapat beberapa kendala yang dialami seperti kurangnya minat baca anak dan keterbatasan koleksi terbaru, manfaat yang dirasakan oleh anak setelah memanfaatankan buku ialah anak merasa lebih tenang dan termotivasi untuk terus menjalani kehidupan dan menggapai cita-cita mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Inayat
Date Deposited: 16 May 2023 03:12
Last Modified: 16 May 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28987

Actions (login required)

View Item
View Item