Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Broiler Untuk Peningkatan Pendapatan Menurut Tinjauan Ekonomi Islam (Studi Pada Peternakan Ayam Agung Mandiri Desa Ranto Panyang Timur Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat)

Teuku Puji Rizki, 180602022 (2022) Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Broiler Untuk Peningkatan Pendapatan Menurut Tinjauan Ekonomi Islam (Studi Pada Peternakan Ayam Agung Mandiri Desa Ranto Panyang Timur Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Broiler Untuk Peningkatan Pendapatan Menurut Tinjauan Ekonomi Islam] Text (Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Broiler Untuk Peningkatan Pendapatan Menurut Tinjauan Ekonomi Islam)
Teuku Puji Rizki, 180602022, FEBI, ES, 081380479238 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Usaha ayam broiler merupakan salah satu jenis usaha yang sedang berkembang di Indonesia. Usaha tersebut sangat menjanjikan, karena semakin pesatnya perkembangan usaha di bidang kuliner, rumah makan, restaurant dan lain sebagainya yang sering memproduksikan berbagai jenis menu makanan yang bertemakan ayam serta telur yang bergizi tinggi, sehingga hal tersebut mampu meningkatkan pendapatan para pelaku usaha, pekerja dan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha ayam broiler yang diterapkan oleh usaha peternakan ayam Agung Mandiri Desa Ranto Panyang Timur Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada usaha peternakan tersebut serta memberikan strategi pengembangan usaha ayam broiler yang tepat pada usaha peternakan ayam Agung Mandiri Desa Ranto Panyang Timur Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yang datanya bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Adapun hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha ayam broiler untuk peningkatan pendapatan usaha peternakan ayam Agung Mandiri Desa Ranto Panyang Timur Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat dalam perspektif ekonomi Islam adalah pemilik usaha dan para pekerja sudah menerapkan sifat yang sesuai dengan ajaran Islam dalam mengoperasikan usaha peternakan ayam broiler yakni, memiliki sifat jujur, amanah, tepat janji, toleransi dan disiplin dalam melakukan pekerjaan, baik yang diberikan oleh pemimpin usaha maupun pelanggan. Dengan demikian, hal itu akan membuat pelanggan atau konsumen merasa puas, sehingga dapat meningkatkan pendapatan usaha. Dan strategi yang tepat dan efektif digunakan untuk mengembangkan usaha ayam broiler pada usaha peternakan ayam Agung Mandiri Desa Ranto Panyang Timur Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat adalah strategi SO (Strenghts dan Oppurtunities), dengan memanfaatkan kekuatan usaha untuk menangkap peluang yang dimiliki. Dengan menjaga kualitas produk dengan baik, agar pelanggan dan masyarakat tetap membeli ayam broiler. Membuat harga ayam broiler dengan harga relatif murah, agar dapat dijangkau oleh masyarakat. Memiliki lokasi tempat usaha yang strategis, agar masyakarat dapat lebih mudah menemukan ayam broiler di usaha peternakan ayam Agung Mandiri Desa Ranto Panyang Timur Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Melakukan iklan secara giat, baik di pangsa pasar maupun di berbagai platform media digital, agar masyarakat mengetahui produk yang ada di usaha peternakan ayam Agung Mandiri Desa Ranto Panyang Timur Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Teuku Puji Rizki Puji
Date Deposited: 16 May 2023 03:15
Last Modified: 16 May 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28991

Actions (login required)

View Item
View Item