Upaya Sosialisasi Pentingnya Puasa Sunnah Senin Kamis Dalam Pembentukan Akhlak Sabar Pada Santri Putri Dayah SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh

Nurdiani, 170401063 (2022) Upaya Sosialisasi Pentingnya Puasa Sunnah Senin Kamis Dalam Pembentukan Akhlak Sabar Pada Santri Putri Dayah SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Sosialisasi Pentingnya Puasa Sunnah Senin Kamis Dalam Pembentukan Akhlak Sabar Pada Santri Putri Dayah SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh] Text (Upaya Sosialisasi Pentingnya Puasa Sunnah Senin Kamis Dalam Pembentukan Akhlak Sabar Pada Santri Putri Dayah SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh)
Nurdiani, 170401063, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Sosialisasi Pentingnya Puasa Sunnah Senin Kamis Dalam Pembentukan Akhlak Sabar Pada Santri Putri Dayah SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh”. Dayah SMA plus Al-Athiyah Banda Aceh merupakan Dayah modern yang berfokus pada tahfizh Al-Quran. Namun diDayah ini belum mewajibkan puasa senin kamis kepada santrinya. Puasa juga disebut sebagai separuh kesabaran. Maka dari pada itu untuk menanamkan sifat sabar sangatlah penting bagi penghafal Al-Quran, salah satunya melalui program puasa sunnah senin kamis.Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan kendala sosialisasi puasa senin kamis dalam pembentukan akhlak sabar yang di lakukan oleh Dayah SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif analisis serta menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 12 orang, yang terdiri dari 1 orang wakil kepala sekolah, 1 orang guru agama di sekolah, 3 orang guru tahfiz di Dayah, dan 7 orang santri putri di Dayah SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh. Adapun upayanya adalah Dayah SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh, menggunakan sosialisasi lingkungan sekolah, sosialisasi sepermainan (kelompok) dan sosialisasi menggunakan media. Namun dalam sosialisasi tersebut tentunya membutuhkan strategi komunikasi, sehingga sosialisasi yang dilakukan dapat berjalan lancar. Dan Adapun kendalanya adalah guru maupun santri sedekit berat dengan program tata tertib yang baru, mengenai waktu dan kondisi, komunikan yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda, faktor internal yaitu bersumber dalam diri santri, lingkungan keluarga, jadwal piket khusus ustazah, dan makan sahur santri kurang terjamin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurdiani Nurdiani
Date Deposited: 16 May 2023 03:24
Last Modified: 16 May 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28994

Actions (login required)

View Item
View Item