Hukum Syirkah Abdan Menurut Mazhab Hanafi dan Syafi’i Serta Implementasinya Antara Desainer Digital dan Blogger.

Ichlasul Dwi Fachrobby, 180103041 (2023) Hukum Syirkah Abdan Menurut Mazhab Hanafi dan Syafi’i Serta Implementasinya Antara Desainer Digital dan Blogger. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hukum Syirkah Abdan Menurut Mazhab Hanafi dan Syafi’i] Text (Hukum Syirkah Abdan Menurut Mazhab Hanafi dan Syafi’i)
Ichlasul Dwi Fachrobby, 180103041, FSH, PMH, 082277324433.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Terdapat perbedaan pendapat antara mazhab Hanafi dan Syafi’i mengenai hukum syirkah abdan terhadap implementasi antara desainer digital dan blogger. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana dalil syirkah abdan menurut mazhab Hanafi dan mazhab Syafi’i dan hukum syirkah abdan serta implementasi syirkah abdan antara Desainer Digital dan Blogger. metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kajian kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini menunjukkan (pertama) terdapat beberapa dalil syirkah abdan yang dimana QS. Al-Maidah ayat 1 dan 2, kemudian QS. Shaad ayat 24, sementara dalam Hadist riwayat Abu Daud terkait tawanan perang badar juga membahas syirkah abdan dan terdapat perbedaan pendapat dalam hadist tersebut dari segi sanad nya, dan juga beberapa kaidah fiqih. (kedua) Syirkah abdan menurut mazhab Hanafi dalam kitabnya Bada’i Ash-sana’i fi tartib asy syirai’ mengatakan hukumnya boleh sebaliknya dalam mazhab Syafi’i syirkah abdan tidak diperbolehkan terdapat dalam kitab Al-‘aziz Syahril Wajiz Al-Ma’ruf bi Syahril Kabir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menurut kaedah fiqih yang menyatakan hukum asal dalam semua bentuk muamalah adalah boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya, dibalik itu juga analisis penulis penguatan terkait akad yang dilakukan oleh pelaksana syirkah abdan lebih ditingkatkan guna menghindari adanya unsur gharar didalamnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Ichlasul Dwi Fachrobby Robby
Date Deposited: 16 May 2023 03:29
Last Modified: 16 May 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28997

Actions (login required)

View Item
View Item