Metode Dakwah Teungku H. Muhammad Yusuf A. Wahab Dalam Pembinaan Masyarakat Jeuneib

Tajul Al Fudhari, 140402046 (2020) Metode Dakwah Teungku H. Muhammad Yusuf A. Wahab Dalam Pembinaan Masyarakat Jeuneib. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Metode Dakwah Teungku H. Muhammad Yusuf A. Wahab Dalam Pembinaan Masyarakat Jeuneib] Text (Metode Dakwah Teungku H. Muhammad Yusuf A. Wahab Dalam Pembinaan Masyarakat Jeuneib)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dakwah Teungku Muhammad Yusuf A.Wahab dalam pembianan masyarakat, partisipasi masyarakat Kecamatan Jeunieb dalam mengikuti dakwah Teungku H. Muhammad Yusuf A. Wahab dan faktor pendukung dan penghambat metode dakwah Teungku Muhammada Yusuf A.Wahab dalam pembinaan masyarakat Kecamatan Juenieb Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Informan penelitian terdiri dari penulis Teungku Muhammad Yusuf A. Wahab, penyeair radio dakwah Teungku H. Muhammad Yusuf A. Wahab, Ketua Majelis Taklim Teungku Muhammad Yusuf A. Wahab, Masyarakat dan dewan guru di dayah Babussalam Al-Aziziyah. Teknik penggumpulan data dilakukan melalui observasi, wawacara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode dakwah Teungku H. Muhammad Yusuf A.Wahab dalam pembinaan masyarakat Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen dilakukan dengan menjadi Dayah Babussalam Al-Aziziyah sebagai pesat dakwah, ceramah agama dan pengajian masjelis taklim. Metode penyampaian dakwah menekankan pesan tasawuf, akibat dan syariah. Gaya bahassadisesuaikan lokasi tempat berdakwah serta mempertunjukan gama mimik yang sesuai dengan isi pesan yang di sampaikan. Partisipasi masyarakat dalam mengikuti dakwah Teungku H. Muhamad Yusuf A. Wahab terlihat dengan diadakannya pengajian oleh masyarakat antar gampong diadakan agenda keagamaan seperti memperigati Maulid Nabi Muhammad Saw, Isa’ Mi’raju, perigati tahun baru islam dan sebagainya. Faktor mendukung metode dakwah Teungku H. Muhammad Yusuf A. Wahab dalam berdakwah ialah ketersediaan sarana dan prasaran komunikasi berupa radio dan media sosiasl, karya tulis serta dukungan pemerintah dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat berupa padat jadwal kegiatan kesehariannya, masih minimnya kesadaran sebagai masyarakat terutama kalangan pemuda akan pentingnya pengetahuan agama islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Tajul Al Fudhari Tajul
Date Deposited: 16 May 2023 04:37
Last Modified: 16 May 2023 04:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29000

Actions (login required)

View Item
View Item