Perjanjian Garansi pada Transaksi Jual Beli Kacamata Secara Online dalam Perspektif Khiyar Syarat (Studi Kasus Online Shop Afifmind Store dan Online Shop Frame Kacamata)

Disa Agnesia, 160102001 (2021) Perjanjian Garansi pada Transaksi Jual Beli Kacamata Secara Online dalam Perspektif Khiyar Syarat (Studi Kasus Online Shop Afifmind Store dan Online Shop Frame Kacamata). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perjanjian Garansi pada Transaksi Jual Beli Kacamata Secara  Online  dalam  Perspektif  Khiyar  Syarat  (Studi Kasus Online Shop Afifmind Store dan   Online Shop Frame Kacamata)] Text (Perjanjian Garansi pada Transaksi Jual Beli Kacamata Secara Online dalam Perspektif Khiyar Syarat (Studi Kasus Online Shop Afifmind Store dan Online Shop Frame Kacamata))
Disa Agnesia, 160102001, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pihak online shop memberikan garansi dalam tempo relatif berbeda-beda antar online shop, yang dapat digunakan oleh konsumen untuk mengklaim garansi bila kacamata tersebut terdapat ketidaksesuaian. Secara konseptual garansi kacamata ini dapat dianalisis berdasarkan khiyar syarat. Namun para fuqaha berbeda pendapat tentang tenggang waktu dalam khiyar syarat ini, menurut Hanafiah dan Syafi’iyah tanggang waktu khiyar syarat paling lama 3 hari, sedangkan menurut ulama Malikiyah dan Hanabilah tempo waktunya dapat disepakati antar pihak penjual dan pembeli, selama mereka setuju dengan tenggang waktu khiyar syarat tersebut. Pertanyaan dari penelitian ini adalah bagaimana perjanjian jual beli kacamata antara pembeli dengan online shop dan bagaimana perjanjian garansi jual beli kacamata pada online shop dilihat dari perspektif khiyar syarat. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif analisis dan hasil yang diperoleh dengan melakukan wawancara dengan pihak online shop melalui chat. Hasil penelitian ini bahwa garansi sebagai khiyar syarat diterapkan dalam jual beli kacamata online dikedua online shop untuk melindungi pembeli dari kerugian akibat objek yang ditransaksikan tidak sesuai dengan spesifikasi. Jangka waktu garansi yang diberikan pihak online shop mulai dari 3 hari dan 7 hari, sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak. Pada online shop ini garansi yang dilakukan oleh pihak penjual dan pembelinya bersifat terbatas yang hanya pada penukaran min, plus dan frame yang tidak sesuai dengan pembeli, sedangkan jika terjadi kerusakan yang tidak tahu itu disebabkan pihak pengiriman pihak penjual tidak melayani garansi tersebut. Garansi pada online shop kacamata tersebut tidak sebebas seperti khiyar syarat yang membolehkan para pihak untuk membatalkan transaksi jual beli baik dari pihak pedagangnya maupun pihak konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Disa Agnesia Disa
Date Deposited: 16 May 2023 04:41
Last Modified: 16 May 2023 04:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29006

Actions (login required)

View Item
View Item