Pengaruh Motif Rasional, Pengetahuan dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Aceh Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh).

Putri Machfirah, 170603186 (2023) Pengaruh Motif Rasional, Pengetahuan dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Aceh Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Motif Rasional, Pengetahuan dan 		  Religiusitas Terhadap Minat Menabung Masyarakat di 	  Bank Aceh Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa 	  Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh)] Text (Pengaruh Motif Rasional, Pengetahuan dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Aceh Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh))
Putri Machfirah, 170603186, FEBI, PS, 082273424598.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Adanya dinamika dan fluktuasi dalam perkembangan jumlah nasabah pada PT Bank Aceh Syariah tentu memperlihatkan minat masyarakat untuk memutuskan pihannya, baik untuk tetap menjadi nasabah atau tidak. Minat masyarakat untuk menjadi bagian dari Bank Aceh Syariah tentu dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk faktor motif rasional, pengetahuan, dan religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel motif rasional, pengetahuan, dan religiusitas terhadap minat menabung masyarakat Rukoh Kota Banda Aceh pada Bank Aceh Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 3.853 dan sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Analisa data menggunakan SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa motif rasional, pengetahuan dan religiusitas berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat menabung masyarakat Rukoh. Motif rasional, pengetahuan dan religiusitas berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat Rukoh Kota Banda Aceh. Saran peneliti agar pihak bank terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bank dan masyarakat terus meningkatkan pengetahuannya tentang bank.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motif rasional, pengetahuan, religiusitas, minat menabung
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Putri Machfirah
Date Deposited: 22 May 2023 02:17
Last Modified: 22 May 2023 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29027

Actions (login required)

View Item
View Item