Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana Syariah di Indonesia

Sarah Riva, 180604116 (2023) Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana Syariah di Indonesia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksadana syariah] Text (membahas tentang Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksadana syariah)
SKRIPSI SARAH RIVA ( 180604116).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Reksadana syariah merupakan jenis reksadana yang beroperasi dengan mengikuti prinsip dan ketentuan dalam Islam. Pembahasan reksadana tak lepas dari istilah NAB, yaitu nilai kekayaan bersih reksadana setelah dikurangi utang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah uang beredar, IHSG, harga emas dunia dan harga minyak dunia terhadap NAB reksadana syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder time series dari 2015-2021. Analisis data menggunakan Error Correction Model (ECM). Hasil analisis menunjukkan jumlah uang beredar, IHSG, dan harga minyak dunia berpengaruh signifikan terhadap NAB reksadana syariah dalam jangka panjang, sedangkan harga emas dunia tidak berpengaruh. IHSG dan harga emas dunia berpengaruh signifikan terhadap NAB reksadana syariah dalam jangka pendek, sedangkan jumlah uang beredar dan harga minyak dunia tidak berpengaruh. Secara bersama-sama diketahui bahwa jumlah uang beredar, IHSG, harga emas dunia dan harga minyak dunia berpengaruh signifikan terhadap NAB reksadana syariah di Indonesia baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sarah Riva Sarah
Date Deposited: 19 May 2023 02:16
Last Modified: 19 May 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29040

Actions (login required)

View Item
View Item