Urgensi Penerapan Ibadah Bagi Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh

Nurul Rahmah Rizal, 180402066 (2023) Urgensi Penerapan Ibadah Bagi Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Urgensi Penerapan Ibadah Bagi Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh] Text (Urgensi Penerapan Ibadah Bagi Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh)
Nurul Rahmah Rizal, 180402066, FDK, BKI, 085260361618.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Urgensi Penerapan Ibadah Bagi Pasien Rawat Inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penerapan ibadah bagi pasien rawat inap merupakan hal yang sangat penting, namun terdapat beberapa kendala dalam penerapan ibadah bagi pasien rawat inap, yaitu kurangnya pemahaman pasien terhadap tata cara ibadah bagi pasien rawat inap, kurangnya jumlah tenaga ustadz dan ustadzah, terdapat pasien yang enggan dan menolak diberikan bimbingan ibadah. Adapun tujuan penelitian ini adalah, Pertama untuk mengetahui urgensi penerapan ibadah bagi pasien inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kedua untuk mengetahui apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh pasien rawat inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh selama menjalankan ibadah. Jenis penelitian yang digunakan dalam kajian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, informan penelitian berjumlah tujuh orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Penerapan ibadah bagi pasien rawat inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh sudah diterapkan kepada pasien rawat inap dalam mengingatkan pasien untuk tetap melaksanakan ibadah seperti salat, zikir dan untuk selalu mengingat Allah dalam kondisi sakit dan juga dapat memotivasi kesembuhan pasien. Urgensinya adalah mereka menyatakan dengan ibadah mendapat ketenangan secara batin dan psikis, kesehatan mental maupun untuk kesehatan fisik, memberikan ketenangan dan kedamaian serta ketentraman selama melaksanakan ibadah. Kedua Kendala-kendala pasien dalam menjalankan ibadah itu berupa kurangnya pemahaman pasien terhadap pelaksanaan ibadah bagi yang sedang sakit, banyak pasien yang susah melaksanakan ibadah dengan kendala banyak alat-alat medis, dan juga kurangnya jumlah ustadz dan ustadzah di bagian Instalasi Pelayanan Islami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Rahmah Rizal Nurul
Date Deposited: 19 May 2023 02:31
Last Modified: 19 May 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29046

Actions (login required)

View Item
View Item