Pengaruh Lokasi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kue Khas Sabang Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada UD. AG Sabang)

Ramadhani, 180602102 (2023) Pengaruh Lokasi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kue Khas Sabang Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada UD. AG Sabang). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kualitas Produk] Text (Kualitas Produk)
Ramadhani, 180602102, FEBI, ES, 085362509439.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

UD. AG merupakan salah satu pelaku usaha yang menjual kue oleh-oleh khas Sabang yang terletak di kota Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lokasi, harga dan kualitas produk terhadap minat beli, baik secara parsial maupun simultan pada UD. AG yang menjual kue khas Sabang, dan perspektif ekonomi Islam terhadap lokasi, harga dan kualitas prodak pada minat beli konsumen di UD. AG Sabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 97 responden sebagai sampel dari 3000 populasi. Data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari lokasi terhadap minat beli diperoleh nilai thitung (X1) sebesar 8.862 > ttabel = 1,661, pengaruh yang signifikan dari harga terhadap minat beli diperoleh nilai thitung (X2) sebesar 1.967 > ttabel = 1,661, dan pengaruh yang signifikan dari kualitas produk terhadap minat beli diperoleh nilai thitung (X3) sebesar 2.319 > ttabel = 1,661. Hasil uji f menunjukkan bahwa fhitung 51,068>ftabel 2,70, dengan demikian secara bersamaan variabel lokasi, harga, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada UD.AG Sabang. Diperoleh nilai R SquareI sebesar 0,622 (62,2 %). Hal ini berarti sebesar 62,2 % model regresi pada penelitian ini dalam menerangkan variabel bebas yakni variabel lokasi, harga dan kualitas mampu menjelaskan variabel terikat yakni minat beli konsumen. Sedangkan sisanya (100% - 62,2 % = 37,8 %) dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ramadhani Dhani
Date Deposited: 19 May 2023 08:03
Last Modified: 19 May 2023 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29049

Actions (login required)

View Item
View Item