Penerapan Distribusi Zakat Padi Berdasarkan Alquran Surat Al-Taubah Ayat 60 Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Raihanul Akmal, 170303070 (2023) Penerapan Distribusi Zakat Padi Berdasarkan Alquran Surat Al-Taubah Ayat 60 Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Penerapan Distribusi Zakat Padi Berdasarkan Alquran Surat Al-Taubah Ayat 60 Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar] Text (Penerapan Distribusi Zakat Padi Berdasarkan Alquran Surat Al-Taubah Ayat 60 Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar)
Raihanul Akmal, 170303070, FUF, IAT, 082274950256.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Golongan yang berhak menerima zakat telah dijelaskan secara rinci oleh Allah melalui firmanNya dalam Alquran surat al-Taubah ayat 60. Meskipun demikian, pendistribusian zakat di beberapa wilayah dilakukan dengan tidak mengacu pada firman Allah tersebut. Sebagaimana yang terjadi di Desa Mon Alue dan Jruek Balee di Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti akan mengkaji bagaimana prosees pendistribusian zakat di kedua wilayah tersebut serta bagaimana kesesuaiannya dengan firman Allah dalam surat al-Taubah ayat 60. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari sumber data primer yang diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi, serta sumber data sekunder yang diperoleh melalui sumber tertulis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pendistribusian zakat padi di beberapa Gampong yang terdapat di Kecamatan Indrapuri didistribusikan kepada tiga senif saja yaitu fakir, miskin, dan amil. Akan tetapi, pada kenyataanya dalam proses distribusi tersebut masih terdapat kekeliruan, seperti pemotongan hak senif untuk tabungan fardhu kifayah, contohnya pembelian kain kafan dan membayar tanah kuburan. Selain itu, juga terdapat pembagian zakat kesemua penduduk Gampong tanpa melihat status sosialnya dalam artian orang kaya juga menerima bagian dari zakat padi yang didistribusikan, demi meniadakan konflik dan munculnya kecemburuan sosial sesama masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Raihanul Akmal
Date Deposited: 19 May 2023 08:06
Last Modified: 19 May 2023 08:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29053

Actions (login required)

View Item
View Item