Pengembangan Media Pembelajaran Sains Powerpoint Interaktif Pada Materi Konduktor dan Isolator Jenjang SD/MI

Fima Fathanah Nasba, 180209036 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Sains Powerpoint Interaktif Pada Materi Konduktor dan Isolator Jenjang SD/MI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Sains Powerpoint Interaktif Pada Materi Konduktor dan Isolator Jenjang SD/MI] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Sains Powerpoint Interaktif Pada Materi Konduktor dan Isolator Jenjang SD/MI)
Fima Fathanah Nasba, 180209036, FTK, PGMI, 085313311210.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa karena keterbatasan kesediaan media dalam pembelajaran yang ada di sekolah. Salah satu media yang dapat dikembangkan yaitu media Powerpoint interaktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengembangan media powerpoint interaktif pada materi konduktor dan isolator di SD/MI, (2) mengetahui respon peserta didik dan guru dalam penggunaan media powerpoint interaktif pada materi konduktor dan isolator di SD/MI. Jenis penelitian ini menggunakan Reseach and Development, yang menggunakan model 4D dengan 4 tahapan yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian berupa lembar validasi media, lembar validasi materi, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil validasi media diperoleh skor 82% dengan kategori sangat layak (2) hasil validasi materi diperoleh skor 80% dengan kategori layak, (3) hasil respon guru dengan skor 90% dengan kategori sangat layak dan (4) hasil respon siswa diperoleh skor 93,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran sains Powerpoint interaktif pada materi konduktor dan isolator jenjang SD/MI sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Sains Powerpoint Interaktif
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fima Fathanah Nasba Nasba
Date Deposited: 19 May 2023 08:19
Last Modified: 19 May 2023 08:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29057

Actions (login required)

View Item
View Item