Keanekaragaman Jenis Burung pada Perkebunan Kopi di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh.

Veny Triani, 170703050 (2022) Keanekaragaman Jenis Burung pada Perkebunan Kopi di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Burung pada Perkebunan Kopi di  Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh.] Text (Keanekaragaman Jenis Burung pada Perkebunan Kopi di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh.)
Veny Triani, 170703050, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kabupaten Bener Meriah merupakan salah satu pemekaran dari kabupaten Aceh Tengah. Kabupaten Bener Meriah mempunyai lahan perkebunan kopi yang sangat luas, salah satunya pada kecamatan Bukit. Daerah ini merupakan daerah yang beriklim tropis, tanahnya yang subur serta dekat keberadaanya dengan gunung Burni Telong yang mencapai ketinggian 1.561 mdpl. Keanekaragaman jenis burung yang ada pada kabupaten ini masih sangat minim sehingga dilakukanya upaya konservasi dan revegatasi pada kawasan perkebunan kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis indeks keanekaragaman pada aves yang ada di perkebunan kopi. Metode yang digunakan adalah line transect dengan memakai 5 stasiun yang berbeda - beda pada perkebunan kopi. Hasil penelitian pada perkebunan kopi terdapat 15 spesies dari 10 famili dengan jumlah keseluruhan 143 individu. Indeks keanekaragaman jenis burung di perkebunan kopi di kecamatan ini dengan jumlah indeks keseluruhan yaitu: Ĥ=2,081545798 dikategorikan kedalam indeks keanekaragaman sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Veny Triani Veny
Date Deposited: 19 May 2023 08:02
Last Modified: 19 May 2023 08:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29059

Actions (login required)

View Item
View Item