Analisis Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh

Cut Chelsi Rezki M, 170604001 (2022) Analisis Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pertumbuhan Ekonomidi Provinsi Aceh] Text (Analisis Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pertumbuhan Ekonomidi Provinsi Aceh)
Cut Chelsi Rezki M, 170604001, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator untuk mengukur suatu proses keberhasilan output dari waktu ke waktu menjadi sebuah indikator penting dalam pembangunan ekonomi pada suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendapatan Asli Daerah(PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh, baik itu secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data skunder. Data yang digunakan berupa data Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh selama 30 tahun, dari tahun 1992-2021. Data diperoleh dari Badan Pusat Statistik Aceh. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah Dana Alokasi Umum secara parsial memiliki pengaruhyang signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Kemudian Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh tahun 1992-2021. Diharapkan untuk pemerintah agar terus meningkatkan penerimaan pada sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah supaya menciptakan kemandirian daerah, selainitu pemerintah daerah provinsi Aceh juga harus mengelola Dana Lokasi Umum dengan tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336 Keuangan Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Cut Chelsi Rezki M Chelsi
Date Deposited: 19 May 2023 08:02
Last Modified: 19 May 2023 08:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29062

Actions (login required)

View Item
View Item