Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua Dengan Loneliness (Kesepian) Pada Santri Mas Darul Ihsan Aceh Besar.

Novita Sari, 170901004 (2023) Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua Dengan Loneliness (Kesepian) Pada Santri Mas Darul Ihsan Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua  Dengan Loneliness ( Kesepian ) Pada Santri Mas Darul Ihsan Aceh Besar] Text (Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua Dengan Loneliness ( Kesepian ) Pada Santri Mas Darul Ihsan Aceh Besar)
Novita Sari, 170901004, PSI, PSI, 082338577809.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kesepian merupakan suatu perasaan yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan ketidaksesuaian antara kebutuhan untuk akrab dengan orang lain atau keakraban personal dan salah satu faktor terjadinya kesepian yaitu keterlibatan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan orang tua dengan kesepian pada remaja yang tinggal di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi product moment dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 20. Skala yang dikembangkan berdasarkan aspek-aspek keterlibatan orang tua oleh finley,Mira dan Schwartz (2004), koefisien reliabilitas =0,938 dan skala kesepian yang dikembangkan berdasarkan aspek-aspek kesepian oleh Peplau dan Perlman (1981) dengan koefisien reliabilitas = 0,730 . Populasi dalam penelitian ini adalah santri MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 221 santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara keterlibatan orang tua dengan kesepian pada santri Darul Ihsan Aceh Besar. Koefisien korelasi r= -0.363 menunjukan p = 0,000 yang Artinya semakin tinggi keterlibatan orang tua maka semakin rendah kesepian yang dialami oleh santri Darul Ihsan Aceh Besar. Begitu pula sebaliknya semakin rendah keterlibatan orang tua maka semakin tinggi kesepian yang dialami oleh santri Darul Ihsan Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orang Tua, Kesepian, Santri
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Novita Sari
Date Deposited: 19 May 2023 08:18
Last Modified: 19 May 2023 08:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29063

Actions (login required)

View Item
View Item