Cuti Mengunjungi Keluarga Bagi Anak Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Banda Aceh

Raufa Niska, 190104038 (2023) Cuti Mengunjungi Keluarga Bagi Anak Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Cuti Mengunjungi Keluarga Bagi Anak Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Banda Aceh] Text (Cuti Mengunjungi Keluarga Bagi Anak Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Banda Aceh)
Raufa Niska, 190104038, FSH, HPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Cuti mengunjungi keluarga merupakan salah satu hak anak binaan yang mana anak dapat berkunjung ke keluarga dengan durasi waktu 2x24 jam jika surat-surat perizinannya diterima oleh pihak LPKA. Tujuan skripsi ini adalah untuk menjawab pertanyaan penelitian, Pertama, bagaimana pelaksanaan cuti mengunjungi keluarga bagi anak binaan di LPKA Banda Aceh? Kedua, faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanaan cuti mengunjungi keluarga di LPKA Banda Aceh? Ketiga, bagaimana analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan cuti mengunjungi keluarga di LPKA Banda Aceh? Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada satupun anak binaan yang mendapatkan cuti mengunjungi keluarga di LPKA Banda Aceh hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kurangnya sosialiasi kepada anak binaan sehingga belum ada anak yang mengajukan hak tersebut. Dalam tinjauan hukum Islam, cuti mengunjungi keluarga merupakan bentuk silaturahim antara anak dengan orang tuanya, hubungan anak dan orang tua tidak akan bisa terhalangi oleh apapun. Dalam ajaran agama Islam juga sangat menganjurkan untuk terus menjalin ukhuwah antar keluarga. Dengan adanya cuti mengunjungi keluarga hubungan antara anak dan orang tua tidak terputus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 345 Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Raufa Niska Raufa
Date Deposited: 19 May 2023 08:06
Last Modified: 19 May 2023 08:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29066

Actions (login required)

View Item
View Item