Intan Sri Umra, 170901196 (2023) Self Regulated Learning Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Siswa SMKN 1 Sinabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Intan Sri Umra, 170901196, PSI, PSI, 082295970959.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Self regulated learning pada diri siswa merupakan kemampuan untuk mengembangkan strategi belajar mandiri pada siswa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi self regulated learning adalah jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan self regulated learning ditinjau bedasarkan jenis kelamin pada siswa SMKN 1 Sinabang, Simeulue, Aceh. Penelitian kuantitatif dengan metode komparatif ini melibatkan 186 siswa yang terdiri dari 71 siswa laki-laki dan 115 siswa perempuan sebagai sampel. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala Self Regulated Learning dari teori Zimmerman dan Martinez-Ponz. Adapun hasil uji reliabilitas alat ukur sebesar r=0,951. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menghasilkan nilai t=-15,302 dan nilai signifikan (p)=0,000 sehingga terdapat perbedaan self regulated learning ditinjau berdasarkan jenis kelamin pada siswa SMKN 1 Sinabang. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tingkat self regulated learning siswa perempuan sebesar (M=126,82; SD =10,10) sedangkan pada siswa laki-laki sebesar (M=156,74; SD=14,43). Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara self regulated learning siswa laki-laki dan perempuan, bahwa self regulated learning siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan siswa perempuan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Regulated Learning, Gender, Students, SMK |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Intan Sri Umra |
Date Deposited: | 19 May 2023 08:16 |
Last Modified: | 19 May 2023 08:16 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29067 |