Peran Media Serambi Indonesia Dalam Mempengaruhi Pendidikan Politik Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Bireuen.

Masykur Syahputra, 170801077 (2022) Peran Media Serambi Indonesia Dalam Mempengaruhi Pendidikan Politik Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Bireuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran   Media   Serambi   Indonesia   Dalam   Mempengaruhi Pendidikan Politik Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Bireuen.] Text (Peran Media Serambi Indonesia Dalam Mempengaruhi Pendidikan Politik Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Bireuen.)
Masykur Syahputra, 170801077, FISIP, IPOL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Peran media Serambi Indonesia sangat dibutuhkan untuk memberikan efek positif dalam meningkatkan pendidikan politik kepada masyarakat sebagai pemilih dalam pemilihan umum dikarenakan media mempunyai pengaruh yang kuat dalam pembentikan kognisi seseorang, dimana mediammemberikan informasi dan pengetahuan yang pada akhirnya membentuk persepsi dan persepsi bakal mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Peneliti memilih media Serambi Indonesia dikarenakan media tersebut banyak memuat berita-berita politik, dan mampu mengikuti perkembangan zaman, Serambi Indonesia merupakan salah satu media cetak terbesar yang tersebar di Provinsi Aceh dan masuk kedalam pelosok-pelosok desa yang ada di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran media Serambi Indonesia dalam meningkatkan pendidikan politik kepada masyarakat pada pemilu legislatif tahun
2019 di Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan mixed methods yaitu menggabungkan dua bentuk penelitian yang sudah ada sebelumnya antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu berupa membagikan angket kuesioner dengan jumlahn sampel sebanyak 180 responden, serta tahapan wawancara untuk memperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliable dan objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis secara simultan dapat diterima apabila F hitung lebih besar dari F tabel pada α= 5%, atau nilai signifikan apabila < 0,05. Peran Serambi Indonesia berpengaruh terhadap pendidikan politik dengan menunjukkan bahwa nilai signifikan variabel tersebut sebesar 0,000 yang dimana nilainya dibawah
0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel peran Serambi Indonesia signifikan terhadap pendidikan politik dikarenakan Ha diterima apabila nilai signifikan lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Masykur Syahputra Masykur
Date Deposited: 19 May 2023 08:30
Last Modified: 19 May 2023 08:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29083

Actions (login required)

View Item
View Item