Penafsiran Quraish Shihab Terhadap Sifat-Sifat Allah Yang Terkandung Dalam Ayat Kursi

Arsyil Adhim, 190303043 (2023) Penafsiran Quraish Shihab Terhadap Sifat-Sifat Allah Yang Terkandung Dalam Ayat Kursi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Penafsiran Quraish Shihab Terhadap Sifat-Sifat Allah Yang Terkandung Dalam Ayat Kursi] Text (Penafsiran Quraish Shihab Terhadap Sifat-Sifat Allah Yang Terkandung Dalam Ayat Kursi)
Arsyil Adhim, 190303043, FUF, IAT, 082272437696.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Ayat Kursi merupakan ayat ketauhidan memuat Sifar-sifat Allah yang terkandung di dalamnya, sedangkan dalam kitab Tafsir Al-Mishbāh karya Quraish Shihab menggunakan corak Adabi Ijtima’i dimana menggunakan kaidah kebahasaan. Dalam hal ini tentu saja menarik karena sebagaimana kita tahu hampir semua tafsir yang menggunakan corak Adabi Ijtima’i tafsirannya untuk menjawab persoalan-persoalan yang ada di masyarakat. Untuk itu penulis mengharapkan penelitian ini agar semoga dapat dijadikan referensi dan pedoman, dan dapat dijadikan motivasi untuk selalu mentadaburi Al-Qur’an yang semua itu mempunyai makna ataupun rahasia yang Allah simpan agar manusia selalu belajar dalam hal mencari ilmu. Adapun tujuan dalam menulis skripsi ini adalah dapat mengetahui tafsiran Ayat Kursi pada Kitab Tafsir Al- Mishbāh karangan Quraish Shihab. Serta dapat mengetahui pemahaman sifat Allah menurut Quraish Shihab dalam Ayat Kursi. Dari hasil penelitian Quraish Shihab memulai penafsiran Ayat Kursi dengan tafsir kata perkata dilanjutkan dengan keutamaan, hikmah. Sifat-sifat Allah yang terdapat dalam Ayat Kursi ada dua yaitu al-Hayy dan al-‘Ilm walaupun hanya dua, pembuktian bahwa agungnya Allah dari dua sifat itu sudah cukup menjadi bukti bahwa Allah lah Tuhan dari segala alam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Arsyil Adhim
Date Deposited: 19 May 2023 08:29
Last Modified: 19 May 2023 08:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29093

Actions (login required)

View Item
View Item