Kebijakan Pemerintah Gampong Cadek Dalam Menertibkan Penghuni Rumah Kost Yang Bersyari’at

Regita Diandara, 140403113 (2023) Kebijakan Pemerintah Gampong Cadek Dalam Menertibkan Penghuni Rumah Kost Yang Bersyari’at. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kebijakan Pemerintah Gampong Cadek Dalam Menertibkan Penghuni Rumah Kost Yang Bersyari’at] Text (Kebijakan Pemerintah Gampong Cadek Dalam Menertibkan Penghuni Rumah Kost Yang Bersyari’at)
Regita Diandara, 140403113, FDK, MD, 085349556425.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Kebijakan Pemerintah Gampong Cadek Dalam Menertibkan Penghuni Rumah Kost yang Bersyari’at”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemerintah Gampong Cadek dalam membina penghuni rumah kost, juga untuk mengetahui upaya pemerintah Gampong Cadek. Serta untuk mengetahui peluang dan kendala pemerintah Gampong Cadek. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah Gampong Cadek berkenaan dengan rumah kost dilakukan dengan membuat peraturan-peraturan bagi penghuni rumah kost yang di sampaikan melalui pemilik rumah kost. Pemerintah Gampong Cadek juga menyediakan surat pernyataan bersedianya penghuni rumah kost mematuhi peraturan yang dibuat dalam Gampong Cadek. Kebijakan lainya adalah memberikan sanksi bagi penghuni rumah kost yang tidak patuh terhadap peraturan yang dibuat. Apa lagi pelanggaran-pelanggaran syariat yang dilakukan penghuni rumah kost, baik praktik narkoba, berjudi, mencuri dan meusum. Adapun upaya pemerintah Gampong Cadek dalam menertibkan penghuni rumah kost yang bersyari’ah mensosialisasikan kebijakan dan memberikan ketetapan sampai pada ketetapan hukuman bagi siapa saja warga yang melanggar ketetapan atau kebijakan tersebut. Menertibkan penghuni rumah kost, mendata dan membuat data base untuk setiap penghuni rumah kost, selain itu mengharuskan penghuni rumah kost untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang ada dalam Gampong Cadek. Yang menjadi peluang adalah masyarakat sangat mendukung program penertiban yang dilakukan Pemerintah Gampong Cadek. Masyarakat juga sigap dan siap dalam mengawasi setiap warga yang gerak gerik mencurigakan, baik warga yang melakukan penggunaan narkoba dan yang melakukan pencurian serta penghuni rumah kost yang melakukan meusum. Selain itu penghuni rumah kost mahasiswa yang menetap di Gampong Cadek mau dan ikut menghadiri kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Gampong Cadek. Sedangkan kendalanya masih adanya penghuni rumah kost yang belum sadar untuk melaporkan ke Pemerintah Gampong Cadek, Apabila penghuni rumah kost tidak melapor maka akan sulit untuk di tertibkan. Penertiban terhadap rumah-rumah kost yang sudah terdaftar akan lebih mudah. Sementara, menertibkan rumah kost yang belum terdaftar akan sulit, sehingga sulit untuk membuat suatu keputusan yang diambil ketika ada masalah yang terjadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Regita Diandara
Date Deposited: 19 May 2023 08:02
Last Modified: 19 May 2023 08:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29097

Actions (login required)

View Item
View Item