Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website di SMA 3 Abdya

Nadya Sari, 180212052 (2023) Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website di SMA 3 Abdya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website di SMA 3 Abdya] Text (Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website di SMA 3 Abdya)
Nadya Sari, 180212052, FTK, PTI, 082227194026.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan satu fasilitas yang disediakan sekolah sebagai pendukung dan penunjang proses kegiatan belajar mengajar bagi para siswa. Pelayanan yang baik dapat dilihat pada kemudahan anggota mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Pengelolahan data perpustakaan yang dilakukan secara manual terdapat beberapa kendala dalam proses pengelolaan buku seperti lamanya mencari buku, kesulitan petugas perpustakaan dalam mengelola data buku. Salah satu perpustakaan yang masih manual adalah perpustakaan di sekolah SMAN 3 ABDYA. Salah satu langkah yang dapat diterapkan untuk meningkatkannya fungsi dari perpustakaan itu sendiri dengan dibuatnya sistem informasi perpustakaan berbasis website. Pembuatan website menggunakan model RnD (Research and Development) sebagai acuan dalam pengembangannya, Apache sebagai web servernya, untuk bahasa pemogramannya menggunakan HTML, CSS, dan PHP dan teks editor berupa VS code. Berdasarkan hasil persentase dari pengujian kuesioner pada penelitian ini, menunjukan bahwa responden memberikan respon yang positif terhadap sistem yang dibangun, dapat dilihat dari nilai rata-rata dan persentase setiap aspek memiliki nilai dalam ranting yang tinggi. Aspek Tampilan menampilkan nilai persentase sebesar 80% (sangat sesuai), Aspek Kinerja Aplikasi 83% (sangat sesuai), Aspek Kemudahan Pengguna 84% (sangat sesuai). Maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi perpustakaan memiliki tampilan bagus, kinerja yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Nadya Sari
Date Deposited: 19 May 2023 08:20
Last Modified: 19 May 2023 08:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29101

Actions (login required)

View Item
View Item