Penerapan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas 1 Di SMP Negeri 3 Ingin Jaya

Zakiaturrahmi, 180212056 (2023) Penerapan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas 1 Di SMP Negeri 3 Ingin Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas 1 Di SMP Negeri 3 Ingin Jaya] Text (Penerapan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas 1 Di SMP Negeri 3 Ingin Jaya)
Zakiaturrahmi, 180212056, FTK, PTI, 087796510336.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang masih menggunakan materi dari buku dan metode ceramah cenderung membuat siswa jenuh dan kurangnya minat terhadap belajar. Melalui penggunaan media video animasi, dapat membantu guru dalam proses pembelajaran sehingga bisa membuat siswa tertarik dan berminat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan video animasi sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan minat belajar pada siswa kelas 1 di SMP Negeri 3 Ingin Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan pengembangan (research and development) dan penelitian Mixed method (Kualitatif support Kuantitatif). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 18 Januari 2023, dengan langkah penelitian dimulai dari observasi, wawancara, perencanaan, pembuatan produk, validasi produk, revisi produk, uji coba, pembagian angket, analisis dan hasil akhir produk. Media pembelajaran berbasis video animasi ini telah divalidasi oleh ahli media 1 dengan nilai 92%, ahli media 2 dengan nilai 88% dan ahli materi sebesar 90%, maka media video animasi ini dikategorikan layak digunakan sebagai bahan ajar. Hasil Uji coba media yang dilakukan pada 30 siswa pada kelas VII-1 SMP Negeri 3 Ingin Jaya yang menghasilkan nilai persentase sebesar 83,86%, dan membuktikan bahwa video animasi sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris ini sangat menarik dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Zakiaturrahmi Zakiaturrahmi
Date Deposited: 19 May 2023 08:19
Last Modified: 19 May 2023 08:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29103

Actions (login required)

View Item
View Item