Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Terhadap Efektivitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kesehatan Dan Keselamatan Kerja

Maryu Fira, 180211116 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Terhadap Efektivitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Terhadap Efektivitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kesehatan Dan Keselamatan Kerja] Text (Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Terhadap Efektivitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kesehatan Dan Keselamatan Kerja)
Maryu Fira, 180211116, FTK, PTE, 082267611812.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan penelitian ini dilaterbelakangi oleh adanya kekurangan Alat Perlindungan Diri (APD) di laboratorium untuk mata kuliah K3. sehingga mahasiswa tidak dapat mempraktikkan langsung bagaimana dan apasaja yang harus diperhatikan untuk mencegah kecelakaan kerja serta bagaimana dampak dari kelalaian saat menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD). Oleh karena itu salah satu upaya yang penulis lakukan yaitu dengan melakukan simulasi penggunaan peralatan K3 serta melakukan proses instalasi setelah menggunakan APD sehingga apabila mahasiswa melakukan kesalahan pada saat proses simulasi maka aplikasi yang digunakan akan langsung memberitahukan apa permasalahan atau keselahan apa yang telah terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan virtual reality terhadap efektivitas belajar mahasiswa tentunya mahasiswa yang mengikuti mata kuliah K3 tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya media pembelajaran berbasis virtual reality ini menjadi media pembelajaran yang menarik sehingga 76% dari mahasiswa menyukai media pembelajaran tersebut, dan berdasarkan hasil dari validasi media itu sendiri memperoleh 81% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Maka berdasarkan hasil yang telah diperoleh, media pembelajaran tersebut layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Maryu Fira
Date Deposited: 19 May 2023 08:23
Last Modified: 19 May 2023 08:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29111

Actions (login required)

View Item
View Item