Analisa K3 Listrik Pada Pemukiman Penduduk Menggunakan Metode Hazard Dan Operability Di Desa Jagong Jeget Aceh Tengah

Ike Wirda Sari, 180211087 (2023) Analisa K3 Listrik Pada Pemukiman Penduduk Menggunakan Metode Hazard Dan Operability Di Desa Jagong Jeget Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisa K3 Listrik Pada Pemukiman Penduduk Menggunakan Metode Hazard Dan Operability Di Desa Jagong Jeget Aceh Tengah] Text (Analisa K3 Listrik Pada Pemukiman Penduduk Menggunakan Metode Hazard Dan Operability Di Desa Jagong Jeget Aceh Tengah)
Ike Wirda Sari, 180211087, FTK, PTE, 082296931372.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pada umumnya setiap rumah atau tempat tinggal membutuhkan suatu energi dimana energi tersebut adalah energi listrik. Energi listrik merupakan suatu hal yang sangat penting dimasa sekarang. Namun masih banyak warga atau masyarakat yang belum mengetahui adanya PUIL terhadap instalasi listrik yang digunakan dan dipasang pada rumah tinggal mereka. Rumah tinggal harus memiliki pengaman pada instalasi listrik yang dipasang seperti MCB, Grounding maupun masih menggunakan sekring serta kelengkapan listrik lainnya yang termasuk ke dalam K3 listrik, sehingga rumah dapat dikatakan aman untuk ditinggali. Namun masih ada beberapa warga yang belum paham akan pentingnya kelengkapan PUIL pada instalasi listrik di rumahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan instalasi listrik warga berdasarkan PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) di Desa Jagong Jeget dengan menggunakan metode hazop agar rumah warga terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh arus listrik. Hasil dari penelitian ini adalah masih ada beberapa rumah warga yang menggunakan sekring sebagai pengaman instalasi serta masih banyaknya rumah warga yang tidak memasang grounding di rumahnya dan juga beberapa warga yang menggunakan alat elektronik tidak sesuai dengan daya yang di pasang pada rumah tinggalnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ike Wirda Sari
Date Deposited: 19 May 2023 08:26
Last Modified: 19 May 2023 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29116

Actions (login required)

View Item
View Item