Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan UMKM melalui Marketplace Online Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

Agus Muliadi, 160604035 (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan UMKM melalui Marketplace Online Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi  Pengembangan UMKM melalui  Marketplace Online Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.] Text (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan UMKM melalui Marketplace Online Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.)
Agus Muliadi, 160604035, FEBI, IE, 082277141841.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

UMKM di Kota Banda Aceh terus mengalami peningkatan. Namun, belum semua UMKM di mampu mengakses platform online marketplace. Pentingnya pengembangan UMKM menggunakan akses teknologi Marketplace Online seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee supaya UMKM yang sedang dikembangkan dapat dikenali publik secara luas dan meningkatkan jumlah penjualan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence dan Facilitating Conditions terhadap UMKM pada Marketplace Online Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Metode penelitian yaitu kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 100 pelaku UMKM di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian diketahui bahwa variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Conditions berpengaruh secara simultan terhadap pengembangan UMKM pada Marketplace Online Tokopedia, Bukalapak dan Shopee di Kota Banda Aceh dengan nilai F_(hitung )> F_tabel (18,424 > 2,669) atau nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Pengembangan UMKM.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Agus Muliadi Agus
Date Deposited: 19 May 2023 08:29
Last Modified: 19 May 2023 08:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29121

Actions (login required)

View Item
View Item